Berbagai Unsur Serta Syarat Pendirian PT Berdasarkan KUHD Dan Juga UU PT Tahun 2007


Jika ingin mendirikan sebuah perusahaan atau PT, ada banyak ketentuan yang harus dilakukan seperti ketentuan pendirian PT berdasarkan KUHD dan juga berdasarkan UU PT. Dalam UU PT atau Undang-Undang no 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dijelaskan syarat-syarat yang harus dipenuhi jika ingin melakukan pendirian PT. UU no 40 tahun 2007 merupakan Undang-Undang baru yang menggantikan UU PT sebelumnya yaitu Undang-Undang no 1 tahun 1995. Dan UU PT tahun 1995 merupakan Undang-Undang yang menggantikan ketentuan mengenai perseroan terbatas dalam KUHD tahun 1971. Jadi apabila anda ingin mendirikan sebuah PT, sebaiknya anda mengacu kepada Undang-Undang yang terbaru yaitu UU PT no 40 tahun 2007.


Menurut Undang-Undang no 40 tahun 2007 di pasal 1, PT merupakan badan hukum berupa persekutuan modal yang didirikan berdasarkan perjanjian, kegiatan usaha yang dilakukan menggunakan modal dasar yang terbagi dalam saham dan telah memenuhi segala persyaratan yang sudah ditetapkan di Undang-Undang no 40 tahun 2007 dan juga peraturan pelaksanaannya. Dengan status yang sudah berbadan hukum, maka PT menjadi salah satu subyek hukum yang telah menjadi pendukung kewajiban dan juga hak. Jadi PT sudah bisa melakukan kegiatan-kegiatan hukum seperti halnya manusia, jadi PT dapat memiliki harta dan juga hutang.

Dari pengertian yang sudah dijelaskan tadi dapat diketahui unsur-unsur dari sebuah PT atau perusahaan. Unsur-unsurnya adalah sebagai berikut.

1.    Badan hukum berupa persekutuan modal

2.    Didirikan dengan dasar perjanjian

3.    Ada kegiatan usaha

4.    Modalnya terbagi menjadi saham

5.    Telah memenuhi ketentuan yang ditetapkan di UU PT


Anda bisa memenuhi persyaratan materialnya terlebih dahulu, yaitu dibuat dengan menggunakan akta yang autentik, berupa perjanjian minimal antara 2 orang, memiliki modal dasar dan pendiri perusahaan harus mengambil saham ketika PT sudah didirikan. Sedangkan syarat pendirian perusahaan adalah sebagai berikut.

1.    Fotokopi KTP pendiri

2.    Fotokopi PBB perusahaan

3.    Fotokopi kontrak apabila kantor menyewa

4.    Domisili perusahaan

5.    Foto penanggung jawab

6.    NPWP pribadi

7.    Memiliki modal dasar minimal Rp 50.000.000