Power Pumping,Cara Memperbanyak ASIP (ASI Perah) Ketika Pasokan Menurun

Power pumping dipercaya sebagai salah satu cara memperbanyak ASIP ketika pasokannya sedang menurun. Pasokan ASI Perah yang normal dalam sekali pompa biasanya berkisar antara 15 mL hingga 60 mL. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan sekali minum, ibu bisa memerlukan 2 hingga 3 kali pemerahan. Jumlah takaran ASI yang kurang dari batas normal ini terkadang membuat ibu menyusui panik karena hal ini berhubungan langsung dengan asupan nutrisi bayi. Mau tak mau, ibu harus mencari jalan keluar dengan cepat agar bisa mengembalikan produksi ASI seperti semula, apalagi jika si kecil masih membutuhkan ASI eksklusif. Solusi cepat bagi ibu-ibu yang memiliki produktivitas ASI kurang optimal yakni dengan menggunakan power pumping. Power pumping cukup efektif terutama bagi ibu menyusui yang berada jauh dari si kecil seperti ketika saat dirawat di rumah sakit (bayi prematur, sakit dan lainnya).

Cara memperbanyak ASIP menggunakan power pumping, bisa dilakukan dengan cara memompa ASI dalam interval waktu setengah jam hingga satu jam sekali atau tiap 45 menit sekali. Lakukan sesi pemompaan untuk kedua payudara masing-masing 5 hingga 10 menit. Setelah tetes ASIP terakhir, lanjutkan pemompaan selama 2 hingga 5 menit. Lakukan pemompaan setidaknya 10 kali dalam sehari. Agar tidak lupa, sebaiknya letakkan alat pompa di area yang sering dilewati ibu atau tempat ibu beristirahat. Jadi, setiap kali ibu melewati area tersebut, dia akan teringatuntuk memompa ASIP. Imbangi aktivitas pemompaan dengan istirahat dan tidur yang cukup minimal 4 – 6 jam sehari.

Cara memperbanyak ASIP melalui power pumping ini , ternyata mampu meningkatkan produksi ASI secara signifikan apabila dilakukan dalam 2 hingga 3 hari berturut-turut. Karena frekuensi pemompaan yang cukup sering, ibu bisa mencampurkan ASIP hasil pemompaan dalam 24 jam ke dalam 1 botol setelah suhunya yang sama. Untuk mengetahui langkah-langkah penyimpanan ASI yang tepat,ibu bisa mengikuticara penyimpanan ASI secara detail dan benar yang ada di umihilma.com. Jangan sampai keadaan ASI menurun ini dibiarkan terlalu lama karena akan mengganggu tumbuh kembang si kecil. Segera atasi dan konsultasi ke dokter laktasi apabila setelah pemompaan, tidak ada perubahan dalam jumlah produksi ASI